Definisi, Jenis dan Layanan OTT (Over The Top)

Nama/NIM: Komang Devi Tripika Dewi/1404505083

Jurusan/Fakultas/Perguruan Tinggi: Teknologi Informasi/Teknik/Universitas Udayana

Mata Kuliah : Manajemen Jaringan dan Server (C)

Dosen: I Putu Agus Eka Pratama, S.T., M.T.

Mengetahui Tentang OTT (Over The Top)
   Istilah OTT (Over The Top) mulai populer saat ini di kalangan akademisi, pemerintah maupun pihak telekomunikasi. Salah satunya adalah masalah regulasi operator oleh pemerintah dan pembagian keuntungan (bisnis) antara penyedia layanan dan aplikasi berbasis OTT (Over The Top) dengan operator/provider penyedia internet. Mengapa OTT (Over The Top)  bisa menjadi ancaman terberat bagi operator/provider? tentu saja sangat jelas. Keberadaan mereka mendorong lalu lintas data makin ke puncak serta membuat para peselancar dunia maya makin mengkonsumsi banyak data, bandwidth maupun konten. OTT (Over The Top) sama sekali tidak bertanggungjawab terhadap kemampuan bandwidth, hak cipta / copyrights maupun redistribusi konten. Sebaliknya mereka bisa mengiklankan atau memperoleh pendapatan berdasarkan iklan atau sisipan iklan terhadap layanan mereka. Inilah yang menyebabkan ketimpangan pendatan antara OTT (Over The Top) dan operator telekomunikasi. masyarakat umum mungkin belum terlalu familiar dengan istilah OTT (Over The Top). Namun apabila diberikan beberapa buah contoh seperti Line, Kakao Talk, WhatsApp, Youtube Mobile, Facebook Mobile masyarakat umum akan lebih familiar dengan aplikasi dan layanan ini yang merupakan contoh dari OTT (Over The Top).

Definisi OTT (Over The Top)
   OTT (Over The Top) adalah informasi di bidang pendekatan dan pemodelan (yang diimplementasikan dalam bentuk aplikasi dan layanan aplikasi) bentuk video dan audio streaming, messaging (kirim terima pesan instan), dan jejaring sosial, memanfaatkan koneksi internet dari provider (dalam hal ini operator / telco) dan berbasis mobile. OTT (Over The Top) berjalan di Application Layer, layer teratas pada pemodelan layer TCP/IP maupun OSI.
Dilihat dari sudut pandang jaringan komputer, semua aplikasi dan layanan berbasis OTT (Over The Top) berada pada Application Layer. Umumnya aplikasi OTT (Over The Top) berjalan pada platform mobile. Misalnya pada handphone, smartphone dan PDA (Personal Digital Assistant). Namun banyak juga yang berjalan di komputer desktop. Tatap muka aplikasi umumnya menggunakan web maupun aplikasi mobile.

Elemen-Elemen Dalam OTT (Over The Top)
   Di dalam penerapannya di dunia nyata, layanan dan aplikasi berbasis OTT (Over The Top) tidak dapat berdiri sendiri. OTT (Over The Top) service memerlukan adanya OTT World dan Telco World, yang mana ketiganya ini saling berkaitan. Dan berikut merupakan masing-masing elemen beserta hubungan ketiganya.
  1.  Telco World
        Telco World merupakan ranah dimana para penyedia layanan komunikasi dan jaringan komputer (internet) berada. Telco World diisi oleh ISP (Internet Service Provider) dan provider (penyedia) jasa layanan telekomunikasi dan akses internet lainnya. Telco World bertugas menyediakan infrastruktur internet, koneksi internet dan jalur komunikasi yang berfungsi menunjang jalannya fungsionalitas aplikasi dan layanan yang berbasis OTT (Over The Top). Telkom, Telkomsel, XL merupakan contoh-contoh perusahaan yang berada di ranah Telco World.
  2.   OTT World
      OTT World dapat diartikan sebagai dunia OTT (Over The Top), dimana para pengembang aplikasi berbasis OTT (Over The Top) berada. Demikian juga pada ranah OTT World ini, semua penyedia layanan dan bisnis berbasis OTT berada di OTT World.

OTT Service
   OTT  Service didefinisikan sebagai semua bentuk produk layanan (service) di dunia digital (internet) melalui aplikasi-aplikasi komputer berbasis teknologi OTT (Over The Top) yang memanfaatkan koneksi internet dan infrastruktur internet yang disediakan oleh Telco World. Ada beragam jenis layanan yang disajikan di dalam OTT Service kepada para penggunanya secara online. Antara lain yaitu seperti layanan streaming, audio dan video secara online, layanan jejaring sosial, layanan pesan instan (messaging) dan lain-lain. Aplikasi OTT sebagian besar berjalan di platform mobile (Smartphone, Tablet, PDA) sehingga aplikasi OTT lebih identik dengan aplikasi mobile berbasis online. Namun tidak semua aplikasi berbasis mobile merupakan aplikasi berbasis OTT. Hanya aplikasi mobile yang mutlak memerlukan koneksi internet dari penyedia jasa akses internet (dalam hal ini Telco/Provider/ISP) untuk dapat menjalankan fungsionalitasnya dengan baik, yang dapat disebut aplikasi berbasis OTT.
Hal yang membedakan layanan berbasis OTT dengan aplikasi berbasis online lainnya adalah layanan berbasis OTT berjalan dengan Telco/ISP (Telco Word) dan pengembangan aplikasi OTT (OTT World). Layanan ini dapat diakses dimanapun dengan ketersediaan internet.
Dengan adanya kesepakatan antara Telco dengan OTT diharapkan dengan memberikan keuntungan yang sama antara pihak Telco (sebagai penyedia internet dan insfrastruktur internet), pengembang/swasta di bidang layanan dan aplikasi OTT, serta para pengguna layanan OTT (OTT Service).

Kategori Aplikasi dan Layanan Berbasis OTT
Kategori aplikasi dan layanan berbasis OTT yang umum dipakai di dalam berinternet sehari-hari.
1. Social Network dan Social Media (Jejaring Sosial dan Media Sosial)
  • Social Connection\
  • Multimedia Sharing
  • Profesional
  • Informational
  •  Educational
  • Hobbies
  • Academic
2. Messaging
Kategori aplikasi berbasis OTT ini menekankan pada layanan kirim dan terima pesan secara cepat (instan messaging). Adanya aplikasi-aplikasi pesan singkat secara online ini, menjadikan kemudahan di dalam berkomunikasi baik dua arah maupun secara massal (di dalam suatu ruang public online). Beberapa contoh dari layanan dan aplikasi berbasis OTT (Over The Top) dengan kategori messaging (pesan instan) ini antara lain :
  • WhatsApp 
  • Line
  • Telegram 
  • Kakao Talk
  • WeChat
3. Streaming Audio Video
Pada Kategori ini menekankan kepada jenis layanan streaming file multimedia audio dan video secaraonline kepada pengguna. Pengguna dapat menggunakan aplikasi mobile maupun desktop. Beberapa hal di dalam pengembangannya yang perlu diketahui antara lain :
  • Kualitas layanan dari sudut pandang penyedia layanan (dalam hal ini Youtube) melalui QoS (Quality of  Service).
  •  Kualitas layanan dari sudut pandang pengguna layanan melalui QoE (Quality of Experience).
  • Socket Programming, Port, ID Address yang menjadi syarat di dalam koneksi jaringan komputer.
  • Pemahaman mengenain  protokol-protokol yang digunakan didalamnya misalkan saja UDP (User Datagram Protocol) dan RTP (Real Time Protocol).

Layanan & Aplikasi Online Berbasis OTT (Over The Top)
   Berikut merupakan enam buah perusahaan dunia kelas atas  yang bergerak di bidang layanan berbasis OTT (Over The Top) dan aplikasi-aplikasi online berbasis OTT (Over The Top). Antara lain adalah sebagai berikut :
   1.    Yahoo!
        Berdasarkan informasi dari http://info.yahoo.com/ dapat diketahui bahwa Yahoo merupakan perusahaan IT dunia yang bergerak di bidang layanan surat elektronik (e-mail), mesin pencari (search engine), berita (news), sharing foto, dan beragam hal lainnya yang terus dikembangkan dan diperbanyak. Untuk memudahkan para pengguna di seluruh dunia , Yahoo menyediakan subdomain sesuai negara masing-masing (misalnya negara Indonesia dengan id). Salah satu kemudahannya adalah layanan tatap muka bahasa indonesia yang lebih mudah di mengerti.
Fitur-fitur yahoo sangat banyak, beberapa diantaranya adalah : 
  • Buku Alamat Yahoo adalah pengelola kontak online yang dapat  digunakan untuk menyimpan semua informasi kontak mengenai perorangan maupun perusahaan. Untuk menggunakan Buku Alamat Yahoo, anda harus menjadi pengguna Yahoo yang terdaftar.
  • Yahoo! Answers (Y!A) merupakan salah satu situs tanya jawab. Situs ini merupakan salah satu situs yang dibuat oleh Yahoo! pada tahun 2005.  
  • Yahoo Kalendar yaitu untuk menyimpan janji temu dan daftar kegiatan Anda! Anda bahkan dapat menyinkronkan kalender dengan perangkat ponsel sehingga Anda dan akan selalu memiliki akses. 
  • Flickr merupakan situs web untuk berbagi foto dan situs komunitas daring yang merupakan contoh dari aplikasi Web 2.0. Sebagai situs web yang populer untuk berbagi foto pribadi, layanan ini dimanfaatkan oleh banyak blogger sebagai tempat penyimpanan foto. 
  • Yahoo! Koprol, merupakan jejaring sosial berdasarkan lokasi yang ditujukan untuk kota-kota di Indonesia. Koprol memberitahu lokasi sesama pengguna Koprol serta menghubungkan sesama penggunanya yang berada ditempat yang sama. Jejaring sosial ini menggunakan metode berbasis lokasi. 
  • Yahoo! Messenger adalah program aplikasi komunikasi yang berguna untuk mengirimkan pesan secara instan, yang memungkinkan penggunanya berinteraksi atau chatting secara langsung di internet. Versi terbaru program ini adalah Yahoo! Messenger 11.5, yang dirilis pada tanggal 24 Februari 2012.  
  • Yahoo! News adalah sebuah pembaca umpan berbasis internet yang disediakan Yahoo!. Situs ini menampilkan fitur berita Top Stories, U.S. National, World, Business, Entertainment, Science, Health, Weather, Most Popular, News Photos, Op/Ed, dan Local.  
  • Yahoo! Groups adalah sebuah layanan gratis dari Yahoo kepada masyarakat umum untuk mengadakan forum-forum diskusi berupa Mailing List.  
  • Yahoo Search adalah mesin pencari, yang dimiliki oleh Yahoo Inc dan per Desember 2009, Yahoo! Search adalah direktori pencarian ke-2 terbesar di web dengan volume permintaan 6,42%, setelah pesaingnya Google di 85.35% dan sebelum Baidu di 3,67%  
  • Yahoo! Maps adalah portal pemetaan online gratis yang disediakan oleh Yahoo, dan didukung oleh Nokia Here Maps. Fungsi termasuk cuaca lokal didukung oleh The Weather Channel, peta cetak, dan ulasan lokal didukung oleh yelp.

   2.   Google
        Diketahui bahwa Google merupakan salah satu perusahaan IT dunia yang bergerak di bidang layanan mesin pencari (Search engine), surat elektronik (e-mail), aplikasi perkantoran dan penyimpanan berbasis cloud (Google Doc dan Google Drive), layanan sumber kode terbuka (Code Google), jejaring sosial (G+), kacamata pintar memanfaatkan teknologi Augmented Reality dan Cloud Computing (Google Glasses) dan sejumlah layanan lainnya berbasis online, Cloud dan OTT (Over The Top). Fitur-fitur yang disediakan oleh google diantaranya adalah :
  • Google Maps adalah sebuah jasa peta globe virtual gratis dan online disediakan oleh Google dapat ditemukan di http://maps.google.com. Ia menawarkan peta yang dapat diseret dan gambar satelit untuk seluruh dunia dan baru-baru ini, Bulan, dan juga menawarkan perencana rute dan pencari letak bisnis di U.S., Kanada, Jepang, Hong Kong, Cina, UK, Irlandia (hanya pusat kota) dan beberapa bagian Eropa. Google Maps masih berada dalam ahap beta.
  • Google Translate merupakan layanan dari google yang bisa mentranslate dari berbagai bahasa dengan cepat.
  • Google Adsense merupakan PPC yang di keluarkan oleh Google, dimana kita bisa menempatkan iklan pada blog   atau web yang kita buat sehingga kita bisa mendapatkan pendapatan. Namun untuk di terima menjadi publisher Adsense tidak lah gampang harus tahu kriteria agar di terima menjadi publisher Google adsense.
  • Googel earth merupakan aplikasi yang dikeluarkan oleh google seperti google maps, kita bisa melihat beberapa lokasi didunia yang di foto melalui satelit.
  • Google doc merupakan sebuah layanan dari google untuk menyimpan documents yang kita miliki secara online.
  • Google Adword merupakan fitur yang dikeluarkan google untuk kita bisa mengiklankan produk kita di blog atau website yang menjadi publisher Google Adsense.
  • Google Chrome merupakan web browser atau aplikasi penjelajah dunia internet yang dikeluarkan oleh Google, Google Chrome menjadi web browser nomor 2 terfaforit setelah Mozilla FireFox.
  • Google Grup atau Google Groups adalah suatu layanan dari Google yang meyediakan kelompok diskusi atau forum internet. Pembuatan dan keikutsertaan dalam grup bersifat gratis. Pengguna dapat berpartisipasi dalam percakapan pada utas diskusi baik melalui antarmuka web maupun surel.
  • Google Cendekia (bahasa Inggris: Google Scholar) adalah layanan yang memungkinkan pengguna malakukan pencarian materi-materi pelajaran berupa teks dalam berbagai format publikasi.
  • Google News merupakan layanan kompilasi berita yang secara otomatis menampilkan berita dari berbagai media. Google News juga menyediakan layanan pencarian berita dengan hasil pencarian berupa-berita yang sesuai dengan kata kunci. Berita yang muncul di baris pertama hasil pencarian adalah berita yang paling banyak dibaca dan yang terbaru. Meski berita-berita sudah diseleksi secaraa otomatis, tetapi situs-situs berita yang muncul dalam layanan ini dipilih secara menual oleh pengguna. Google News menyediakan fitur News Archives Search untuk mencari berita-berita lama.
  •  Google Mail atau Gmail adalah layanan surel milik Google. Pengguna dapat mengakses Gmail dalam bentuk surat web HTTPS, protokol POP3 atau IMAP4.
  • Blogger adalah sebuah layanan publikasi blog yang dibuat oleh Pyra Labs dan diakusisi oleh Google pada tahun 2003. Secara umum, blog yang dihost oleh Google berada di bawah subdomain blogspot.com.
  •  Googel+ merupakan situs jejaring sosial yang dimiliki oleh google
  •  Google Drive merupakan penyimpanan dan mengunduh file online
  •  Google Analytics merupakan sebuah layanan yang berisikan peralatan bagi para webmaster untuk menganalisis pengguna web nya.
  •  Google Play adalah layanan konten digital milik Google yang melingkupi toko daring untuk produk-produk seperti musik/lagu, buku, aplikasi, permainan, ataupun pemutar media berbasis awan. Layanan ini dapat diakses baik melalui web, aplikasi android (Play Store), dan Google TV. Konten yang telah dibeli tersedia pada seluruh platform-platform di atas Google Play mulai dikenalkan pada bulan maret 2012 sebagai pengganti dari Android Market dan Layanan Musik Google.
  •  Google Talk (GTalk) adalah suatu layanan aplikasi berbasis web dari Google yang dibuat sebagai sarana untuk berkomunikasi melalui pesan instan dan VoIP. Google talk pertama kali dirilis pada tanggal 24 Agustus 2005. Google Talk disediakan secara gratis dan dapat diunduh serta diakses melalui Google. Layanan Google Talk hanya dapat digunakan apabila telah memiliki akun di Google. 
  • Google Alerts merupakan layanan pemberitahuan surel (email), yang akan mengirim pemberitahuan tentang halaman web dan berita terbaru sesuai pilihan mereka. Pemberitahuan tersebut dikirim lewat surel atau umpan web (web feed). Saat ini ada enam tipe layanan Alerts yaitu: News, Web, Blog, Comprehensive, Video dan Group.
  • Google Street View merupakan sebuah fitur Google Maps yang diperkenalkan tahun 2007 dan menyediakan pemandangan jalan 360° dan membolehkan pengguna melihat bagian dari kota pilihan mereka dan wilayah metropolitan sekitarnya pada tingkat dasar.
  • Google Finance merupakan situs yang menampilkan informasi finansial perusahaan-perusahaan Amerika Serikat, berisi beragam informasi mulai dari profil bisnis dan pergerakan saham, kebijakan-kebijakan keuangan, informasi eksekutif, tabel interaktif, portofolio perusahan sampai berita-berita terkait perkembangan mereka. Google Finance dapat diakses di alamat http://finance.google.com

   3.   Youtube
         Diketahui bahwa Youtube merupakan perusahaan IT dunia yang bergerak di bidang layanan streaming audio, video dan jejaring sosial. Konten utama yang disediakan adalah audio dan video dalam bentuk layanan streaming online. Namun seiring perkembangannya layanan ditambah dalam bentuk jejaring sosial, dimana para pengguna dapat saling beropini mengenai konten audio dan video yang disajikan langsung oleh para pengguna (user content generate). 
  • YouTube Editor : Apakah Anda mengedit video Anda sebelum meng-upload ke YouTube? Misalnya dari konsep color atau memotong durasi tertentu dalam video ? Sekarang, Anda tidak perlu karena dengan Youtube Editor memungkinkan Anda untuk melakukan semua itu. Ini memang tidak bisa mengedit video semaksimal mungkin, tapi setidaknya memungkinkan Anda menggabungkan, memotong dan memutar video. Bagian terbaik dari Editor YouTube adalah bahwa hal itu memungkinkan Anda untuk menemukan hak cipta musik gratis yang dapat Anda tambahkan ke video Anda. Ia juga menawarkan beberapa fitur canggih,antara lain adalah Slow Motion,remove jerky camera motions dan masih banyak lagi fitur Youtube Edittor yang layak anda coba.
  • YouTube MySpeed : Apakah saat menonton video,Anda merasa YouTube mengambil terlalu banyak waktu untuk memuatpada koneksi internet Anda? Kunjungi halaman MySpeed YouTube untuk menemukan kecepatan video streaming Anda dan bandingkan dengan kecepatan rata-rata dari ISP Anda, kota Anda, negara Anda,negara Anda dan dunia.
  • YouTube Disco : Fitur YouTube Disco memungkinkan Anda untuk menemukan video pilihan Anda, membuat daftar trackdan kemudian dengan mudah melihat mereka tanpa perlu untuk memilih – milih video.
  • YouTube Leanback : Apakah anda pernah ingin menonton Video Youtube layaknya sedang menonton TV ? YouTube Leanback adalah Fitur ini memungkinkan Anda menonton video seperti yuang kita inginkan.YouTube Leanbackmemainkan video berkualitas tinggi layar penuh disesuaikan dengan pilihan Anda, Dengan Fitur ini juga anda dapat memilih kategori video sesuai yang di inginkan.u, menonton video populer dan bahkanmencari video pilihan Anda.Dari semua itu yang menjadi kelebihan YouTube Leanback adalah Anda dapat menghubungkan TV ke komputer untuk menikmati Nonton Youtube di TV.Bahkan bukan hanya itu,anda juga bisa mengontrol semua yang ada di YouTube Leanback dari perangkan mobile anda yang mendukung fitur tersebut.
  •  Always play HD on full screen : Apakah Anda terganggu dengan berubahnya kualitas video saat menonton ? Anda tidak perlu terganggu,karena YouTube memiliki opsi yang secara otomatis memungkinkan kita memilih kualitas video yang kita lihat. Jika Anda memiliki koneksi yang lambat( Loading mulu RED ), Anda tidak perlu memilih memutar video dalam kulitas tinggi.
  • YouTube Live : Fitur ini sangat cocok buat orang orang yang tidak mau ketinggalan berita,sepak bola dan acara live lainnya.Youtube Live menyediakan channnel yang menyiarkan langsung Acara TV ke youtube. 
  • YouTube Charts : Ingin menemukan video terbaik di YouTube? atau peringkat channel populer di Indonesia bahkan seluruh dunia ? Gunakan YouTube Charts .Dengan Youtube Charts kita dapat memilih kategori tertentu untuk menentukan video terbaik dalam kategori tertentu. Anda bahkan dapat menyaring video untuk menentukan apa video populer minggu ini, bulan ini atau tahun ini. Kita juga bisa menonton video itu langsung dari Youtube Charts ? 
  • Menonton Film Dengan durasi Penuh ( LEGAL ) : YouTube memiliki Channel khusus untuk memungkinkan pengguna menonton film durasi penuh. Filmdiklasifikasikan berdasarkan genre mereka dan ditawarkan dalam kualitas full HD. Film yang diunggah oleh para pencipta untuk tujuan mendapatkan pendapatan/pembayaran dari iklan yang tampil di Film tersebut.
  • Feather Beta YouTube : Sangat suka menonton video youtube ? tetapi pada koneksi sangat lambat? Feather Youtube bisa membantu anda.Fitur eksperimental baru untuk memungkinkan pengguna berkoneksi lambat bisa menikmati YouTube. Feather saat ini hanya tersedia sebagai layanan opt-in yang memungkinkan Andauntuk memilih keluar kapan saja Anda inginkan.

   4.   Facebook
Diketahui bahwa Facebook merupakan perusahaan IT dunia yang bergerak di bidang layanan jejaring sosial (Social Network) yang kemudian menjadi platform tersendiri dalam layanan berbasis Cloud Computing (PAAS/Platform As A Service). Ini berarti facebook bukan hanya sebuah social media dan social network (media sosial dan jejaring sosial), tapi juga mendukung layanan Cloud Computing, dimana setiap orang dapat ikut serta membuat aplikasi dengan mengikuti platform yang ditentukan oleh Facebook. Untuk membantu para pengguna di seluruh dunia, Facebook juga menyediakan layanan multibahasa, salah satunya adalah bahasa Indonesia. Beberapa Fitur-fitur yang terdapat pada Facebook diantaranya adalah :
  • Update Status/Status terkini untuk menuliskan segala macam uneg-uneg yang ada dalam perasaan anda atau mengungkapkan keinginan Anda. 
  • Message/Pesan Untuk mengirim pesan ke pengguna Facebook lainnya. 
  • Chat/Obrolan Untuk saling berbicara dengan pengguna Facebook lain melalui tulisan secara langsung dan real time. 
  • Photos/Foto Anda dapat meng-upload foto-foto Anda; ruang untuk memasang foto 
  • Videos/Video Anda dapat meng-upload video Anda. 
  • Friends/Teman Anda dapat menambah teman Anda. 
  • Applications/ Aplikasi Banyak aplikasi menarik yang tersedia yang dapat Anda pakai untuk hiburan.
  • Games/Permainan Banyak jenis permainan yang dapat dimainkan dalam Facebook. 
  • Notes/Catatan Anda dapat menulis catatan untuk kemudian di-share dengan pengguna Facebook lainnya. 
  • Wall/Dinding Ruang tempat sesama pengguna mengirimkan pesan-pesan terbuka.  
  • Poke/Colek Sarana untuk saling 'mencolek' secara virtual  
  • Gifts/Hadiah Fitur untuk saling berkirim hadiah

   5. Twitter
       Hampir mirip dengan facebook, twitter merupakan sebuah perusahaan IT kelas dunia yang menawarkan pelayanan dan aplikasi berbasis OTT di bidang jejaring sosial, Microblog baik pada platform dekstop maupun mobile. Informasi penting tentang twitter dapat anda akses melalui halaman https://about.twitter.com/. Sebagaimana Facebook, Twitter juga menyediakan sejumlah informasi dan layanan untuk aplikasi berbasis mobile miliknya, yang dapat anda akses secara online pada halaman https://about.twitter.com/download. Beberapa fitur dari Twitter diantaranya adalah :
  • Tweet, Fitur Tweet ini ialah fitur utama di Twitter. Tweet ialah kicauan, yaitu untuk mengirim dan melihat kicauan setiap pengguna twitter. 
  • Followers, Fitur yang satu ini adalah fitur untuk melihat siapa yang mengikuti anda di twitter.
  •  Bio, Fitur Bio adalah fitur yang digunakan untuk mengetahui Pesan Akun Twitter anda yang terdapat di Profile.
  •  Profile, Ini juga merupakan fitur utama dari Twitter. ini adalah fitur untuk melihat Avatar Twitter, Bio twitter dan lainnya.
  •  Masih banyak fitur-fitur twitter lainnya yang sangat membantu penggunanya.


    



References :
Buku "Handbook Jaringan Komputer" - INFORMATIKA
https://ilmusdm.wordpress.com/2014/03/03/over-the-top-content-ott-services-jasa-yang-membunuh-operator/
http://hanyasekedarblogg.blogspot.co.id/2013/07/beberapa-fitur-yang-dimiliki-oleh-google.html
 

Komentar

  1. boleh minta sumber referensi bukunya yang lengkap? terimakasih

    BalasHapus
  2. Pengakuan tulus dari: FATIMAH TKI, kerja di Singapura

    Saya mau mengucapkan terimakasih yg tidak terhingga
    Serta penghargaan & rasa kagum yg setinggi-tingginya
    kepada KY FATULLOH saya sudah kerja sebagai TKI
    selama 5 tahun Disingapura dengan gaji Rp 3.5jt/bln
    Tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari
    Apalagi setiap bulan Harus mengirimi Ortu di indon
    Saya mengetahui situs KY FATULLOH sebenarnya sdh lama
    dan jg nama besar Beliau
    tapi saya termasuk orang yg tidak terlalu yakin
    dengan hal gaib. Karna terdesak masalah ekonomi
    apalagi di negri orang akhirnya saya coba tlp beliau
    Saya bilang saya terlantar disingapur
    tidak ada ongkos pulang.
    dan KY FATULLOH menjelaskan persaratanya.
    setelah saya kirim biaya ritualnya.
    beliau menyuruh saya untuk menunggu
    sekitar 3jam. dan pas waktu yg di janjikan beliau menghubungi
    dan memberikan no.togel "8924"mulanya saya ragu2
    apa mungkin angka ini akan jp. tapi hanya inilah jlnnya.
    dengan penuh pengharapan saya BET 200 lembar
    gaji bulan ini. dan saya benar2 tidak percaya & hampir pingsan
    angka yg diberikan 8924 ternyata benar2 Jackpot….!!!
    dapat BLT 500jt, sekali lagi terima kasih banyak KY
    sudah kapok kerja jadi TKI, rencana minggu depan mau pulang
    Buat KY,saya tidak akan lupa bantuan & budi baik KY.
    Demikian kisah nyata dari saya tanpa rekayasa.
    Buat Saudaraku yg mau mendapat modal dengan cepat

    ~~~Hub;~~~

    Call: 0823 5329 5783

    WhatsApp: +6282353295783

    Yang Punya Room Trimakasih

    ----------

    BalasHapus
  3. Halo ka, apa sumbernya cuma 1 buku?

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

NETWORK LAYER